Minggu, 20 Mei 2012


NUSA KAMBANGAN ISLAND

Kamis, 17 Mei 2012...,, long weekend.. Hampir semua kawanku berencana pada mudik. Sedangkan aku, nanggung banget kalo liburan dirumah cuman empat harian. Salah satu teman kostku Wiwin, ia juga akan mudik ke tempat kelahirannya di Cilacap. Ketika aku, Wiwin, Ena, dan Mita having lunch di ruang tengah kost, aku bertanya “hmmppp... tempat yang bagus sekitar Jokja dimana aja sih ? bingung long weekend mau kemana”.
“ahh.. semua sudut kayaknya udah kamu kunjungin dehhh” jawab salah satu temanku.
Aku jadi makin ngeluhh.. “hadehhhh”, sambil pasang muka mikir, mau kemana ya kemana ya... hmm... hmmm..
“ikut aku ke Cilacap yuukk” kata Wiwin.
“di sana ada apa aja win ?” tanya ku.
“rumahku gak jauh sama pantai teluk penyu... kalo mau nanti kita ke Nusa Kambangan Island” tawar Wiwin.
“good idea... ayo kita ke kota kepriwe..” jawab Ena.
“aku ajak lutvy (pacarku) ya ?. tanyaku “boleh da....”
“Mita, kamu sama aku ya...?” ajak Ena. “hmm... aku sebenernya mau, tapi.. aku masih punya tanggung jawab sebar surat (maklum Mita aktivis di sebuah organisasi pecinta alam.
“OK..... jam 1 kita berangkat ya..... ayoo siap-siap”
Perjalanan dari Jogja menuju Cilacap sekitar lima jam termasuk istirahat dijalan. Begitu sampai di rumah Wiwin sekitar waktu magrib, kami mandi, makan, dan Istirahat. Tentunya ketika kami berada di Cilacap tak mau sia-sia. Dengan artian gunakan waktu sebaik mungkin untuk mengunjungi tempat-tempat asik disana. Esoknya, jam enam pagi... aku dan teman-teman sudah siap caww ke pantai teluk penyu. Untuk harga tiket masuk Rp. 15.000,-, namun hokinya petugas tiket belum stand by... jadi kita masuk pantai gratiss tiss tiss.. haha. Melihat indahnya atmosphere pantai teluk penyu beuhh banget. Perahu-perahu berjejeran di bibir pantai.


parno pake pelampung hehe
 Kita naik perahu nelayan selama kurang lebih 10 menit, yang dikenakan biaya Rp. 12.500 per orang  untuk pulang pergi dari pantai teluk penyu sampai ke pulau nusakambangan. Pembayaran hanya boleh dilakukan jika kita telah kembali dari pulau nusakambangan. Dikiri dan kanan aku melihat kapal-kapal besar milik pertamina atau kapal milik perusahaan di cilacap ini serta perahu nelayan dan beberapa perahu karet milik tim sar. Kami yang parnoan naik perahu memakai pelampung, padahal ku lihat penumpang lain gak ada yang pake pelampung. Haha..
Tempat menurunkan penumpang di pulau nusakambangan ini adalah di dermaga karangbolong. Dipintu masuk ada beberawa warung makanan dan minuman serta ada beberapa orang yang berjualan cendramata berupa cincin bermata. Menurut nelayan tersebut ia bercerita bahwa cincin tersebut adalah buatan para narapidana di penjara nusakambangan. harga cincin tersebut beragam, dari mulai Rp. 7500,- sampai Rp. 200.000,-an nih, tergantung jenis batunya.
 Gambar benteng disamping adalah benteng Karangbolong menurut penjaga pulau ini benteng tersebut dibangun sekitar tahun 1873 selang beberapa tahun dari bembuatan benteng Pendem di pantai teluk penyu. Dahulu tempat ini tidak dikelola dan dijaga dengan benar maka banyak sekali peninggalan sejarah dari benteng Karangbolong yang dicuri oleh tangan-tangan usil yang tidak bertangungjawab. Tempat ini menjadi polemik karena dimiliki oleh 3 istalasi negara, pertama kawasan ini termasuk milik Departemen Kehakiman karena fungsinya sebagai penjara sementara Departemen kehutanan bertanggungjawab dengan kelestarian hutan agar tetap terjaga. Dan sebagai pemilik dari benteng karangbolong ini adalah Angkatan darat Kodim 0703 Cilacap. Mungkin karena menjadi polemik maka tempat wisata ini tidak terlalu diurusi oleh masing-masing instalasi yang berwenang. Jika anda bertanya kepada orang Cilacap sekalipun belum tentu mereka tahu bahwa di daerahnya ada benteng peninggalan belanda. Tidak usah takut berada di pulau tersebut karena kita akan selalu dipantau terus oleh para penjaga dan timsar yang berada di sana dan jika kita belum keluar dari pulau tersebut kita pasti dicariin dan disiapkan perahu untuk kita kedarat heheheheheh.. 


Keluar dari benteng karangbolong ada sebuah pantai yang memiliki pasir yang putih berbeda sekali dengan pantai teluk penyu yang memiliki pasir kehitaman. Mungkin karena banyaknya batu karang yang terkikis hingga pantai di nusakambangantimur ini memiliki pasir yang putih. Pantai ini diberinama Pantai Pasir Putih Karang Pandan karena di pingir-pingir karang ada pohon pandan yang tumbuh subur dan pasirnya yang berwarna putih.

2 komentar:

  1. interesting place!
    pantesan hari ini ga ngampus, ternyata di sana jadi tahanan eh eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. weheww...,, dasar tukang bikin cincin d nusa kambangan.. hoho

      Hapus